Jenis Tali Spring Kapal Agar Kapal Bersandar di Dermaga dengan Mantap

Jenis Tali Spring Kapal Agar Kapal Bersandar di Dermaga dengan Mantap

Salah satu jenis tali yang digunakan sebagai pengikat kapal ketika bersandar di dermaga yaitu tali spring kapal. Jenis tali tersebut juga seringkali disebut sebagai tali tambat yang terdapat beberapa macam sistem tambatnya. Untuk cara menambatkan pada kapal yang terdapat di dermaga pun juga berbeda, namun secara umum menggunakan sistem yang sama.

Jenis Tali Spring Kapal Supaya Kapal Bersandar di Dermaga dengan Mantap

Kegunaan dari tali tros itu sendiri dijadikan sebagai tali sebagai penahan di bagian belakang atau bagian depan kapal. Untuk tali spring itu sendiri sebagai penahan di bagian tengah kapal dari keduanya, antara tali spring dan tali tros. Pada biasanya terdapat tali breast yang berguna supaya kapal dapat bersandar di dermaga semakin mantap.

Berikut ini tali breast yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

  1. Tross Muka/Bow Stern /Head Rope

Jenis tali ini digunakan pada bagian depan kapal yang mempunyai kegunaan sebagai penahan kapal supaya tidak bergerak mundur.

  1. Forward Breast Rope

Tali ini terletak di antara tros muka maupun spring muka. Jenis tali yang satu ini mempunyai kegunaan sebagai penahan bagian depan kapal supaya tidak keluar.

  1. Spring Muka/Fore Spring/ Forward Spring Line

Tali ii terletak di bagian tengah, depan kapal yang mempunyai kegunaan sebagai penahan kapal supaya tidak maju.

  1. Spring Belakang/ Back Spring/After Spring Line

Letak tali yang satu ini di bagian tengah belakang kapal dengan fungsi sebagai penahan kapal supaya tidak mundur.

  1. After Breast Rope

Letak dari tali ini berada antara tali tros belakang dan tali spring kapal belakang. Kegunaan tali ini yaitu sebagai penahan pada bagian belakang kapal supaya tidak membuka keluar.

  1. Tros Belakang/Stern Rope

Letaknya yaitu di bagian paling belakang kapal yang berfungsi sebagai penahan supaya kapal tidak maju ke depan.

Perlu diketahui dengan baik bahwa untuk jenis tali apapun yang digunakan untuk menambat kapal harus mempunyai kekuatan yang besar sebagai penahan maupun penarik kapal. Tidak sampai disitu saja, karena untuk tali itu sendiri sebaiknya juga mempunyai daya lentur yang baik, termasuk tali spring kapal. Selain lentur, tali harus dapat terapung dan tahan air.

Anda bisa dengan mudah menemukan spesifikasi tali tersebut pada serat sintetis. Dengan beberapa jenis tali breast yang ada di atas maka Anda bisa membedakan tali mana saja yang digunakan untuk menarik atau menahan kapal. Untuk masing-masing bagian tali mempunyai fungsi yang berbeda.