11 Cara Efektif Mengobati Migrain Dengan Tanpa Mengonsumsi Obat

11 Cara Efektif Mengobati Migrain Dengan Tanpa Mengonsumsi Obat
10 Cara Mudah Mengobati Migrain Tanpa Obat

sumber gambar: honestdocs.id

Migrain merupakan salah satu gejala kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Dalam mengatasi gejala tersebut sudah banyak obat yang berperan untuk mengurangi gejala itu beredar dipasaran. Bagi penderita yang tidak begitu suka mengonsumsi obat pasti bingung untuk mengatasi migrain ini. Ternyata ada beberapa cara mengobati migrain yang dapat anda coba tanpa bantuan obat tertentu. Memang cara ini tidak akan langsung menyembuhkan migrain dengan otomatis. Namun setidaknya gejala ini akan meredakan frekuensi dan tingkat keparahan seiring perubahan kecil yang anda lakukan. Baik itu berupa perubahan gaya hidup ataupun pola diet anda. Inilah ulasannya sebagai berikut.

  1. Yoga

Cara mengobati migrain satu ini dengan melakukan yoga. Seperti yang kita tahu selama ini bahwa dengan melakukan yoga dapat mengurangi stres dan nyeri. Selain itu dengan yoga, leher dan bahu anda tidak menjadi kaku alhasil mencegah terjadinya migrain.

  1. Menjauhi Pemicu/Sumber

Sesuai kutipan Dailymail, ada beberapa hal yang memicu migrain, diantaranya rokok, stres, masalah gigi, cahaya, menstruasi, frekuensi olahraga yang berlebihan, bau menyengat, sakit di bagian leher atau kepala, makan tertentu, atau perubahan pola tidur. Oleh sebab itu, diupayakan untuk menghindari beberapa penyebab tersebut. 

  1. Vitamin

Menurut sumber health.detik.com, vitamin 5HTP dimanfaatkan untuk pembuatan serotonin untuk meredakan kerentanan tubuh terhadap gejala migrain. Tak hanya itu, vitamin coenzyme dan butterbur juga dipercaya untuk mengurangi gejala migrain.

  1. Bahan Tambahan Pangan (BTP) atau Penyedap Rasa

Sudah menjadi rahasia umum jika kita dianjurkan untuk mengurangi pemakaian BTP atau jenis penyedap rasa lainnya. Hal ini karena bahan tersebut sensitif terhadap aditif makanan, misalnya sulfit (terletak pada anggur), tartrazine (pewarna kuning untuk marzipan dan minuman bersoda), aspartam (pemanis buatan), natrium benzoat (terkandung dalam permen, margarin, udang, dan minuman ringan), dan monosodium glutamat (MSG).

  1. Jahe

Jika anda mengonsumsi jahe dipercaya dapat mengurangi mual dan masalah pencernaan lain yang dapat menyertai adanya gejala migrain. Jahe mampu mencegah efek dari prostaglandin yang berusaha membuat peradangan pada pembuluh darah di otak. Penelitian dari Zanjan University of Medical Sciences menyebutkan bahwa mengonsumsi teh seduhan jahe bubuk ditambah dengan konsumsi obat migrain sumatriptan mampu mengurangi gejala migrain.

  1. Meningkatkan Kadar Serotonin

Sebuah studi menyebutkan bahwa tingkat kadar serotonin yang rendah terjadi pada penderita migrain. Sebaiknya makan yang mengandung protein. Misalnya telur, ayam, pisang, dan lain lain agar kadar serotonin meningkat.

  1. Menghirup Aroma Lavender

Journal European Neurology yang dipublikasi tahun 2012 menyebutkan bahwa ada penelitian yang membuktikan bahwa jika seseorang menghirup aroma minyak esensial lavender dapat mengurangi potensi sakit kepala migrain. Khususnya diakibatkan oleh stres, tidur nyenyak, atau depresi.

  1. Air Mineral

Wajar bagi anda yang migrain akibat dehidrasi. Anda pasti tahu jika jaringan pada otak salah satunya terdiri dari air. Oleh karena itu saat cairan hilang maka jaringan akan menyusut. Alhasil menyebabkan nyeri dan iritasi dan menimbulkan migrain. Akan lebih baik jika anda membiasakan diri untuk mengonsumsi air setidaknya antara 1 – 2 liter agar frekuensi migrain berkurang.

  1. Kadar Gula Darah

Jumlah kadar gula darah yang menurun ternyata mampu mengakibatkan migrain. Sebab berakibat pada glukosa yang dikeluarkan dalam aliran darah. Alhasil tekanan darah mengalami peningkatan. Oleh karena itu disarankan untuk membiasakan pola makan teratur setiap 4 jam sekali. Jangan sampai anda tidak memakan apapun hingga lebih dari 12 jam. Usahan mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glisemik rendah. Kurangi konsumsi roti putih, minuman manis, atau permen sebab mengandung GI tinggi.

  1. Mengoles Minyak Peppermint Pada Dahi dan Pelipis

Berdasarkan studi dari Shiraz University of Medical Science di Iran pada tahun 2010 membuktikan bahwa mengolesi dahi atau pelipis dengan minyak peppermint memiliki cara efektif untuk meredakan mual dan nyeri akibat migrain daripada menggunakan obat migrain plasebo.

  1. Asupan Magnesium

Asupan magnesium yang terkandung dalam makanan berperan penting dalam banyaknya aliran darah ke otak. Jika konsumsi asupan magnesium berkurang maka aliran darah ke otak juga berkurang. Selain itu gula darahnya juga menurun. Alhasil kedua peran magnesium ini mampu menyebabkan migrain. Makanan yang mengandung magnesium antara lain oat, sayuran hijau, biji-bijian, ekstra khamir, kacang polong, kentang, dan sebagainya.

Itulah beberapa cara mengobati migrain yang dapat anda coba tanpa harus mengonsumsi obat. Salam sehat!