3 Permainan Jadul di Hari Kemerdekaan

3 Permainan Jadul di Hari Kemerdekaan

3 Permainan Jadul di Hari Kemerdekaan. Hari kemerdekaan republik Indonesia selalu disambut riang oleh anak-anak. Mereka bergembira karena akan ada berbagai perlombaan yang dikhususkan untuk mereka. Apalagi, setiap anak yang memenangkan perlombaan akan diberi hadiah. Biasanya hadiah berupa alat tulis dan makanan.

Ada tiga permainan tradisional atau jadul yang rutin diperlombakan setiap tanggal 17 Agustus. Berikut nama-nama permainannya. Coba simak informasi mengenai permainan game terbaik yang bisa memberi Anda uang dengan mudah seperti game Agen Bola.

Balap Karung

Permainan balap karung sudah ada pada tahun 90an atau mungkin di awal-awal kemerdekaan. Balap karung merupakan permainan yang cukup menantang karena permainan ini sedikit sulit. Banyak anak yang gagal mengikutinya karena jatuh di tengah jalan. Siapa yang melompat di dalam karung tanpa jatuh dan mencapai garis finish, dialah pemenangnya.

Bakiak atau Teklek

Bakiak atau teklek adalah permainan jadul yang menggunakan sandal memanjang dengan tiga atau lima pijakan kaki. Bakiak terbuat dari kayu. Satu kelompok terdiri dari tiga sampai lima orang, tergantung jumlah pijakan kaki pada bakiak. Bermain bakiak ini memang menguji kekompakan. Masing-masing anggota kelompok harus menyelaraskan atau serentak melangkah. Jika kaki kanan yang pertama melangkah, maka semua anggota harus melangkah menggunakan kaki kanan.

Kelompok yang jatuh harus mengulang dari garis awal lagi sehingga peluang menangnya sedikit. Kelompok yang menang tentu saja kelompok yang mencapat garis finish.

Egrang

Egrang dulunya masih sering diperlombakan. Namun sepertinya saat ini sudah jarang sekali atau mungkin tidak ada lagi. Egrang adalah permainan yang menggunakan dua tongkat bambu sebagai alat untuk berjalan. Tongkat ini lumayan tinggi dengan pijakan kaki yang berada sekitar 30 sentimeter dari tanah. Permainan ini tergolong sulit. Namun jika sudah sering berlatih sebelumnya, egrang akan mudah ditaklukkan.

Nah, itu dia tiga permainan jadul yang bisa kamu mainkan tanpa menunggu perayaan agustusan. Apalagi jika kamu tinggal di pedesaan. Bahan-bahan yang digunakan bisa dengan mudah kamu temukan di sekitar. Lupakan gadget, bermainlah bersama anak-anak dan teman-teman kamu. Bersosialisasilah dengan tetangga. Jangan sampai tetangga sebelah rumah satu pun tidak tahu nama penghuninya. Wah, sedih sekali, ya! Yuk, gerakkan bermain bersama tetangga. Selamat mencoba.