Anjing Bakar: Makanan Khas Festival Daging Anjing di Cina

Anjing Bakar: Makanan Khas Festival Daging Anjing di Cina

Salah satu makanan yang khas dari fesitival Yulin adalah anjing bakar. Masyarakat merayakan festival ini yang berlangsung selama 10 hari. Para pecinta hewan menyebut dalam festival ini ribuan hewan disiksa, dibunuh dan dagingnya dikonsumsi. Salah satu makanan yang khas dari fesitival ini adalah anjing bakar. Pada hari Minggu, 30 Juni 2019, rekaman acara festival Yulin memperlihatkan anjing yang kebanyakan anjing liar atau anjing curian, dikurung dalam kandang-kandang yang sempit, dimana mereka kesulitan bernafas dan berdiri dengan baik. Anjing-anjing malang itu lalu dibawa ke sebuah rumah jagal di kota Yulin, Provinsi Guangxi, wilayah selatan Cina.   

Festival Yulin atau festival daging anjing ditujukan untuk merayakan masuknya musim panas. Meskipun ini bukan suatu festival tradisional, namun pemerintah daerah Yulin sangat mempromosikan festival ini untuk mengundang datangnya turis. Bagi para pedagang anjing, festival Yulin juga telah menjadi kesempatan besar untuk menjual daging. Keith Guo, seorang staf PETA Asia menceritakan para pedagang anjing biasanya memukul kepala anjing dengan sebuah tongkat dan meniupkan obor untuk membakar bulu-bulu anjing sebelum akhirnya merebus anjing tersebut untuk menyingkirkan sisa-sisa bulunya. Sebagian besar anjing-anjing itu tidak dibunuh secara langsung, tetapi dipukul kepalanya hingga pingsan. Anjing itu sadar ketika mereka sedang direbut atau disulut obor hidup-hidup menurut Humane Society International Kemudian, organisasi itu menyebut, festival Yulin yang diselenggarakan setiap tahun diperkirakan menyembelih 10 juta anjing per tahun atau empat juta kucing. Direktur Humane Society International di Inggris, Claire Bass, mengatakan penjualan daging anjing di Cina cukup tinggi dan biasanya anjing itu disiksa sebelum dikonsumsi dagingnya.

Dalam rekaman yang berkembang di situs sosial media lokal, Weibu, tersebar sebuah video yang menayangkan bagaimana seekor anjing Mini Goldendoodle disiksa sebelum dibunuh untuk dikonsumsi. Anjing tersebut tampak ketakuan di dalam kurungannya. Kemudia pihak penjual membawanya di sebuah tanah lapang dan memukul kepalanya hingga pingsan. Tidak hanya itu, beberapa anjing terlihat disetrum dan dibakar hidup-hidup. Cara yang sangat tidak manusiawi seperti ini sangat layak mendapatkan kecaman dunia internasional.